Gempa Besar Hantui Pulau Sumatera di Masa Depan

0
86

Sumatera diprediksi akan diguncang gempa dahsyatGEMPA besar 7,9 Skala Ritcher yang mengguncang Nepal, Sabtu 25 April pekan lalu, membenarkan prediksi para pakar bertahun-tahun lalu. Sepekan berikutnya, yakni hari ini, Papua Nugini ikut diguncang gempa besar, yakni 7,4 Skala Ritcher.

Pekan lalu, media asing mengulas kemungkinan gempa besar pada masa mendatang setelah gempa dahsyat mengguncang Nepal. Para pakar gempa yang diwawancarai memprediksi gempa dahsyat berikutnya kemungkinan terjadi di wilayah Sumatera.

“Jika anda bertanya, wilayah selanjutnya yang akan terkena gempa besar, diprediksi akan terjadi di lepas pantai Sumatera,” ungkap Presiden GeoHazard, Brian Tucker, kepada Time.com, 27 April lalu.

Mengapa Sumatera?  Tucker menyebut, karena Sumatera merupakan wilayah yang paling rentan terkena gempa besar. Diingatkannya,  pada 2004 silam Sumatera pernah diguncang gempa 9,3 Skala Ritcher.

Seperti diketahui, gempa itu menimbulkan tsunami dan menewaskan sekitar 230.000 orang serta menyebabkan kehancuran besar. Prediksi gempa di Sumatera di masa mendatang juga berdampak sama dengan yang pernah terjadi.

Berdasarkan data Data world-earthquakes.com, pulau Sumatera memang sering terjadi gempa besar. Setidaknya telah terjadi 19 gempa besar sejak 1935 hingga 2012. Seluruh gempa yang terjadi berkekuatan di atas 7 Skala Ritcher. Gempa terbesar di Sumatera terjadi pada 26 Desember 2004, dengan kekuatan 9,1 Skala Ritcher.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here