Janji Jokowi-JK Ditagih Lewat Lagu

0
74

Pada 20 Oktober lalu, Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) genap berusia satu tahun. (sindonews)

PEMERINTAHAN Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) genap berusia satu tahun pada 20 Oktober lalu. Satu tahun pemerintahan Jokowi-JK tidak hanya mengundang penilaian politikus, aktivis, akademisi, namun juga berbagai kalangan termasuk komunitas anak muda dan musisi.

Yosi Mokalu, salah satu personel Project Pop bersama dua rekannya mengingatkan agar Jokowi-JK menunaikan janji-janji kampanye pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014.

Berbeda dengan aktivis dan politikus, yang biasanya menyampaikan aspirasinya dengan cara demonstrasi dan pernyataan pedas, Yosie dan dua rekannya, Martin Anugerah dan Ibob Tarigan melalui Cameo Project menagih janji Jokowi-JK lewat lagu.

Lagu yang merupakan parodi lagu Isyana Sarasvati berjudul Tetap Dalam Jiwa itu ditunjukkan Yosi dkk melalui video berjudul Menagih Janji #1Tahun Jokowi-JK yang diunggah ke channel Youtube pada 30 Oktober lalu.

Di bawah video, meraka menuliskan pesan yang menyatakan video musik tersebut itu hanya untuk menyuarakan pendapat yang katanya “bebas” di negara demokrasi ini.

Lirik video itu secara lugas menggambarkan penilaian mereka terhadap kinerja Pemerintah Jokowi-JK selama satu tahun.

Tak pernah terbayang 
Akan jadi seperti ini 
Di satu tahunnya.

Cepatnya waktu yang 
Telah kita lewati 
Saatnya kita nilai aksinya

Hari-hari berlalu, 
janji-janjimu gugur 
Seperti kau tak mampu

Seribu kali ku kecewa 
Tapi haruslah kutahan 
Semoga berubah nanti

Pada bagian refrain, mereka pun secara lugas mengingatkan Jokowi-JK untuk menagih janji-janjinya.

Bilang pada Jokowi-Jk 
Aku akan coba setia
Tiap presiden ada waktunya 
Lima tahun saja baru kita lihat…

Bilang pada Jokowi-JK
Aku akan coba setia
Tiap Presiden ada waktunya 
Lima tahun saja baru kita lihat 

Kendati demikian, Yosi dkk menegaskan tidak setuju apabila Jokowi-JK begitu saja diganti karena ada aturannya.

Tak bisa main terus ganti
Aturannya kan ada 
Bilang pada Jokowi-JK 
Ku akan tetap ada menagih janjinya. 

Dalam video yang sudah ditonton sebanyak 27.217 orang itu, mereka menyampaikan pesan bawa tidak ada pemimpin yang lepas dari kritik.

“Tidak ada pemimpin yang lepas dari kritikan. Tidak ada pemimpin yang sempurna. Kita sebagai rakyat harus mendukung kinerja  dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dukungan mulai dari doa sampai dengan kritikan pedas,” ini selama masa periode jabatan 5 tahun,” tulis Cameo Project.

Pada 2012 lalu, Cameo Project juga pernah membuat video klip lagu dukungan terhadap Joko Widodo-Basuki saat menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2012. Lagu Jokowi-Basuki merupakan parodi lagu What Makes You Beautiful milik One Direction.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here