Janji Jokowi untuk Penyandang Disabilitas

0
85

 

Jokowi Janji Bikin Pabrik Khusus Disabilitas

PRESIDEN Jokowi, sapaan Joko Widodo, mengeluarkan janji terbarunya. Janji ini dikhususkan untuk para penyandang disabilitas.

Memperingati Hari Disabilitas Internasional di Istana Negara, Kamis 3 Desember 2015, Jokowi berjanji akan membangun sebuah pabrik khusus. Pabrik ini akan memperkerjakan para penyandang disabilitas.

“Itu hasil diskusi bersama. Kesimpulannya membuat pabrik (khusus bagi para penyandang disabilitas) itu,” ujar mantan Wali Kota Solo yang dikenal dengan sapaan Jokowi ini.

Jokowi berharap pabrik khusus penyandang disabilitas ini bisa segera direalisasikan. Jokowi berjanji akan membuatkan satu pabrik terlebih dahulu sebagai pilot project-nya. “Satu dulu. Nanti mudah-mudahan ada dua, tiga lainnya,” janji Jokowi.

Lanjut Jokowi, negara sudah seharusnya memberikan kesempatan bagi setiap warga negara, tidak terkecuali penyandang disabilitas, untuk berusaha atau bekerja. “Negara harus hadir dan memenuhi haknya sebagai warga negara,” ujar Jokowi.

Puluhan penyandang disabilitas hadir dan mendengarkan janji yang disampaikan Jokowi di acara peringatan Hari Disabilitas Internasional itu.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada 2010 jumlah penyandang disabilitas mencapai sekitar 9.046.000 jiwa, atau 4,74 persen dari sekira 237 juta jiwa penduduk Indonesia.

Jumlah tersebut dibagi ke dalam beberapa kategori. Yakni cacat melihat kategori ringan sebanyak 5.313 jiwa, dan parah sebanyak 507 jiwa. Cacat mendengar kategori ringan sebanyak 5.268 jiwa, sementara kategori parah 456 jiwa.

Untuk disabilitas yang kesulitan berjalan atau menaiki tangga kategori ringan berjumlah 2.432 jiwa, sementara kategori parah sebanyak 656 jiwa. Penyandang cacat yang kesulitan mengingat atau konsentrasi, termasuk seperti autis atau down syndrome, kategori ringan sebanyak 2.126 jiwa, sementara kategori berat sebanyak 616 jiwa.

Kemudian penyandang cacat yang kesulitan mengurus diri sendiri dalam kategori ringan sebanyak 1.511 jiwa, sedangkan kategori parah berjumlah 533 jiwa.

Mampukah Jokowi merealisasikan janjinya untuk memberdayakan para penyandang disabilitas? Kita tunggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here