MKD Profesional Usut Setya Novanto di Kontrak Freeport

0
80

 

Sidang Tertutup Dikritik MKD Jamin Bekerja Profesional

MAHKAMAH Kehormatan Dewan (MKD) DPR menggelar sidang pemeriksaan Ketua DPR Setya Novanto secara tertutup. Ketua DPR itu diperiksa MKD atas dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

Salah satu kritik datang dari pengamat politik Hanta Yuda. Menurutnya sidang tertutup MKD justru akan membuat publik curiga dan membuka peluang terjadi lobi di internal MKD.

Salah seorang anggota MKD dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sukiman menanggapi kritik tersebut. Dia mengaku sempat mengusulkan agar sidang etik digelar secara terbuka.

“Tapi karena ini tidak dipenuhi, saya hormati apapun keputusannya. Yakinlah kami bekerja dengan tulus, dengan baik, profesional. Kalau bersalah kami mengatakan bersalah, kalau benar kami katakan benar,” ungkap Sukiman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Namun Sukiman tidak melarang publik berpendapat terkait sikap MKD. “Itu hak publik untuk menilai,” ujarnya.

Setya Novanto diperiksa MKD atas laporan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said terkait pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pencatutan nama kedua pemimpin negara itu terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here