Permainan Ludo, Dari India hingga Mendunia

0
205

Permainan Ludo

BELAKANGAN ini permainan Ludo kembali populer. Lintas usia dan pekerjaan bermain permainan ini. Bedanya, kalau dulu bermain di selembar karton, kini di ponsel pintar.

Berbagai aplikasi Ludo tersedia di Android dan iOS. Dua aplikasi Ludo terpopuler adalah Ludo King dan Ludo Star.

Pasti masyarakat penasaran, mengapa saat bermain Ludo banyak sekali pemain dari India? Memangnya masyarakat India kenal permainan ini?

Kita mungkin tidak menyangka, permainan ini ternyata berasal dari India. Jadi jelas, masyarakat India sangat mengenal permainan ini.

Nama asli Ludo di India adalah Pachisi. Permainan ini telah ada di India pada Abad 6. Raja Dinasti Mughal, Jalaluddin Muhammad Akbar, bahkan memainkan Pachisi menggunakan selir-selirnya sebagai token.

Diduga sebelum abad itu, permainan ini telah ada. Pasalnya dalam penemuan arkeologi di situ Harappan, ditemukan papan serupa dengan Ludo atau Pachisi.

Versi lain Pachisi di India, adalah Chaupar atau Causar. Jika pernah melihat sinetron Mahabrata yang disiarkan di salah satu televisi swasta beberapa waktu silam, keluarga Pandawa bermain permainan Chaupar dengan Kurawa. Sayangnya, keluarga Pandawa yang diwakili Yudhistira kalah, dan kehilangan kerajaan yang dipertaruhkan.

Permainan Ludo

Saat diperkenalkan ke Inggris sekitar Abad 19, permainan Pachisi mengalami modifikasi. Cara bermain, pion atau token, mengalami perubahan. Akhirnya nama Pachisi pun diubah menjadi Ludo, dan dipatenkan pada tahun 1896.

Dari Inggris, Ludo pun berkelana ke berbagai negara. Namanya pun tak lagi sama. Di Amerika Utara, Ludo bernama hampir serupa dengan aslinya, Parcheesi. Nama lain yang digunakan di Amerika Utara, yakni Sorry!, Aggravation, dan Trouble.

Di Spanyol disebut Parchis, sementara di wilayah Catalan disebut Parxis. Di Kolombia disebut Parques.

Karena bermain Ludo seringkali menyebalkan, di Jerman disebut “Mensch √§rgere dich nicht”, dalam bahasa Inggris berarti “Man, Don’t Get Upset”. Orang Italia menamai permainan Ludo hampir serupa dengan Jerman, “Non t’arrabbiare” alias “Don’t Get Upset”.

Masih banyak sebutan-sebutan lain untuk permainan Ludo di berbagai negara. Negara tetangga kita saja, China-Malaysia-Singapura, menamainya Aeroplane Chess. Sementara kita, masyarakat Indonesia, menggunakan sebutan yang telah populer di Inggris, Ludo.

Untuk cara bermainnya, saya tak perlu menjabarkannya ya. Sudah banyak referensi artikelnya, strategi bermain, bahkan hingga cheat-nya alias trik curangnya. Selamat bermain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here