Prittt… Kartu Kuning Buat Jokowi

0
158
Kartu kuning buat Jokowi dari Ketua BEM UI.
Kartu kuning buat Jokowi dari Ketua BEM UI.

KALI ini kegiatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak berakhir manis. Di Depok, tepatnya di Balairung kampus Universitas Indonesia, Jokowi diberi acungan kartu kuning.

Biasanya kegiatan Jokowi di berbagai tempat wilayah Indonesia, tidak pernah berbuah insiden. Semuanya mulus halus. Apalagi membuatnya malu di depan umum. Sayangnya kali ini tidak.

Pagi tadi, Jumat (2/2/2018), Jokowi menghadiri Dies Natalis ke-68 UI di Balairung kampus. Sebagai tamu kehormatan mantan Gubernur DKI itu mendapatkan kesempatan untuk berpidato di para warga kampus.

Selesai memberikan pidato di podium, sejatinya Jokowi sedang berfoto bersama para pejabat dan menteri kabinet. Tiba-tiba seorang mahasiswa maju ke depan dan mengacungkan buku berwarna kuning.

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bereaksi dengan membawa mahasiswa berbaju batik itu ke luar ruangan. Mahasiswa itu tanpa perlawanan mengikuti kemauan Paspampres yang membawanya.

Aksi Kartu Kuning Punya Arti

Adalah Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI Zaadit Taqwa, mahasiswa yang mengacungkan buku berwarna kuning kepada Jokowi. Dalam keterangan kepada media, usai acara Dies Natalis, aksi tersebut merupakan peringatan kepada Jokowi atas kepemimpinannya di negeri ini.

Kenapa kuning? Zaadit mengatakan, buku berwarna kuning yang diacungkannya merupakan simbol kartu kuning dalam pertandingan sepakbola. Kartu kuning merupakan berarti peringatan agar berhati-hati dalam bertindak. Zaadit juga mengaku sempat membunyikan pluit sebelum mengacungkan buku kuning.

Aksi kartu kuning di dalam Balairung sebenarnya satu dari dua aksi BEM UI. Aksi satunya digelar para mahasiswa di pelataran Stasiun UI.

Aksi ini memang sudah direncanakan digelar untuk mengingatkan Jokowi atas beberapa isu di negeri ini. Terdapat tiga tuntutan yang diusung BEM UI. Yakni tuntaskan persoalan gizi buruk di Asmat Papua, menolak tegas rencana pengangkatan plt gubernur dari kalangan Polri aktif, dan menolak draf Permendikti tentang Organisasi Mahasiswa.

Sikap Jokowi Diberi Kartu Kuning

Juru Bicara Istana Johan Budi kepada media mengungkapkan sikap Jokowi menanggapi aksi mahasiswa di Balairung UI. Jokowi tidak tersinggung, dan tetap memang mengikuti acara hingga selesai.

“Terhadap aksi ini, Presiden Jokowi biasa saja, enggak tersinggung,” ujar Johan usai acara. Tapi pihak Istana membatalkan agenda pertemuan Presiden Jokowi dengan BEM UI usai acara. Sedianya menurut Johan Budi, dalam agenda pertemuan tersebut presiden ingin mendengarkan pernyataan yang disampaikan BEM UI.

Di lain pihak, BEM UI membantah keterangan Johan Budi soal pertemuan dengan presiden. “Sempat dijanjikan bahwa kita akan bertemu Pak Jokowi, tapi sampai tadi pagi belum ada kejelasan,” kata Zaadit dalam jumpa pers di Pusgiwa UI, Depok, seperti dikutip dari laman Detik.

Pro Kontra Kartu Kuning

Meski tak mengganggu jalannya acara, aksi “Kartu Kuning buat Jokowi” itu tak ayal sempat menyita perhatian seisi Balairung. Kabar ini pun tersiar ke khalayak luas di negeri ini.

Pantauan di dunia maya, banyak pro dan kontra menghiasi laman komentar di berbagai berita yang memuat aksi kartu kuning mahasiswa UI. Apalagi ditambah pernyataan dari beberapa tokoh menanggapi aksi tersebut.

Media sosial dan forum tidak kalah sengit. Komentar yang mendukung aksi BEM UI hingga mencerca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here