6 Poin Setya Novanto Bantah Tudingan Sudirman Said

0
80

 

Enam Bantahan Setya Novanto Atas Laporan Sudirman Said


KETUA DPR Setya Novanto membantah tudingan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said soal pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

Bantahan sebanyak enam poin itu disusun Setya Novanto dalam pembelaannya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Bantahan yang disebut nota pembelaan itu ditulis Setya Novanto pada bagian aspek yuridis materil/substansi pengaduan.

“Saya menyatakan keberatan dan menolak dengan tegas seluruh dalil-dalil dan tuduhan dalam butir 1 sampai 6 laporan pengadu yang dutuduhkan kepada saya secara serampangan, tidak sesuai dengan fakta dan tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku sebagaimana diuraikan dalan laporan pengadu,” tertulis dalam nota pembelaan itu.

Bantahan pertama, Setya Novanto mengaku tidak pernah memanggil pimpinan PT Freeport Indonesia. Dia justru diminta Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin bertemu di Gedung DPR.

Bantahan kedua, Setya Novanto tidak pernah menjanjikan penyelesaian kontrak PT Freeport Indonesia dan tidak pernah meminta saham yang akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Bantahan ketiga, Setya Novanto selalu mengutamakan kepentingan nasional secara transparan dan tidak pernah bertindak merugikan kepentingan bangsa dan negara.

Bantahan keempat, Setya Novanto tidak pernah menjanjikan suatu keputusan kepada Pimpinan PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dan tidak pernah meminta saham dalam bentuk apapun kepada pimpinan PT Freeport Indonesia.

Bantahan kelima, Setya Novanto mengaku selalu menjaga kehormatan DPR dan selalu mengambil langkah-langkah yang profesional dalam menjaga kehormatan, keluhuran dan martabat DPR.

Bantahan keenam, Setya Novanto tidak pernah menjadi pemburu rente, dan tidak pernah menggunakan kekuasaan dan pengaruh untuk mengambil keuntungan pribadi bahkan sebaliknya selalu menjaga agar tercipta situasi yang kondusif agar iklim investasi menjadi terjamin dengan daya saing ekonomi yang rasional.

Enam poin bantahan di atas merupakan pembelaan atas tuduhan Sudirman Said yang disampaikannya kepada MKD DPR. Menurut Setya Novanto, tudingan Sudirman Said tidak sesuai fakta dan tidak mempunyai bukti yang sah sebagaimana diatur dalam UU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here